Bagaimana Cara Kerja Polka Dot?

Seperti disebutkan di atas, karena salah satu pendiri Polkadot Dr. Gavin Wood, jadi sejarah polkadot adalah bagian integral dari Ethere.

Wood adalah mantan direktur pelatihan dan kepala pengembang Ethereum. Dia juga menciptakan salah satu bahasa pemrograman Ethereum untuk kontrak pintar, Solidity.

Dia meninggalkan Ethereum pada tahun 2016 untuk membangun blockchain yang lebih efisien, dan beberapa bulan kemudian White Paper Polkadot diterbitkan.

Kembali di Ethereo Wood, ia mendirikan perusahaan teknologi blockchain EthCore, yang kemudian menjadi Parity Technologies. Awalnya, Parity berfokus pada perangkat lunak node untuk aset kripto Ethereum. Setelah itu, perusahaan menghentikan pekerjaannya pada proyek Ethereum dan mulai beralih Polkadot.

Pada 2017, Wood juga ikut mendirikan Web3 Foundation, entitas nirlaba yang mendukung penelitian dan pengembangan polka dot, dan mengawasi penggalangan dana. November 2017, pengembangan Polkadot dimulai dengan menerbitkan kode pertamanya di Github.

Sebenarnya, versi pertama Polkadot diluncurkan pada tahun 2019 Dengan Nama Kusama, yang merupakan jaringan uji (canary network) Polkadot. Jaringan Kusama berfungsi sebagai tempat pembuktian keandalan teknologi Polkadot dengan insentif ekonomi nyata.

Polkadot mencatat blok awal, alias blok genesis, pada Mei 2020 menggunakan algoritma konsensus proof-of-Authority. Tapi sebulan kemudian, jaringan beralih ke memanfaatkan algoritma konsensus Proof-of-Stake.

Bagaimana Cara Kerja Polka Dot?

Polkadot bekerja menggunakan protokol sharding multichain open source yang memungkinkan transfer data atau jenis aset apa pun di seluruh rantai, bukan hanya token. Oleh karena itu, berbagai macam teknologi blockchain dapat dioperasikan satu sama lain.

Perbedaan mencolok DOT dengan cryptocurrency lainnya adalah mekanisme sharding yang unik. Mekanisme sharding DOT memungkinkan blockchain yang berbeda (rantai silang) untuk bekerja sama satu sama lain tanpa hambatan.

See also  4 Cara Paling Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat Menggunakan Bahan Alami

Dengan interoperabilitas seperti itu, Polkadot dapat menghasilkan jaringan yang sepenuhnya terdesentralisasi dan pribadi.

PolkaDot Infrastruktur

Selain itu, Polkadot juga akan mempermudah pembuatan aplikasi dan layanan baru. Protokol jaringan Polkadot dapat menghubungkan blockchain publik dan pribadi seperti oracle. Protokol jaringan ini sering disebut “parachain”.

Parachains ini dapat ditambahkan dan dihapus sesuai kebutuhan. Sistem Parachain seperti itu akan membantu Polkadot bekerja secara paralel dan terhubung ke blockchain. Dalam hal ini, parachain dapat berupa blockchain publik, swasta, hybrid, atau konsorsium.

Data dalam sistem parachain dapat diakses melalui node khusus yang disebut collators dan kemudian dikirim ke Polkadot. Proses ini mirip dengan bagaimana oracle terdesentralisasi akan bekerja.

Proses ini juga dijamin dengan Delegated Proof of Stake (DPO) atau dalam konteks Polkadot disebut juga dengan Nominated Proof of Stake (NPO).

Sistem ini terdiri dari validator dan nominee, dengan nominee yang menggunakan poin untuk mengidentifikasi validator guna memvalidasi blok baru. Jika validator melakukan pelanggaran, itu akan dikenakan sanksi bersama dengan calon.

Mengapa Polka Dot Unik?

Untuk memahami kekuatan jaringan Polkadot, Anda perlu memahami konsep”jaringan blockchain yang terdiri dari blockchain”. Tidak seperti Ethereum dan jaringan blockchain layer 1 lainnya, Polkadot memiliki banyak parachain yang terhubung ke rantai relai.

Tapi, mengapa Polkadot memilih sistem jaringan bercabang seperti ini? Jawabannya adalah bahwa jaringan Polkadot memiliki fungsi interoperabilitas dan skalabilitas yang berkualitas.

Memiliki Fungsi Interoperabilitas Yang Mumpuni

Interoperabilitas, atau kemampuan jaringan untuk berbagi sumber daya dengan jaringan lain, digunakan bersama oleh banyak jaringan lain, seperti Ethereum.

Namun fungsi interoperabilitas Polkadot dinilai lebih canggih karena terdiri dari parachain dengan fungsi dan tujuannya sendiri-sendiri. Dengan demikian, aktivis dan pengembang kripto dapat terus menciptakan inovasi teknologi baru berdasarkan kontrak di jaringan ini.

See also  Cara Untuk Mendapatkan Uang Dari Tiktok 2022

Sekadar informasi, penggunaan kontrak pintar meningkat pada tahun 2021. Selain itu, setelah biaya gas di jaringan Ethereum meningkat, banyak cryptoactivists dan pengembang mulai memasuki jaringan alternatif seperti Binance Smart Chain, Solana, Avalanche dan Phantom. Terlepas dari adopsi kontrak pintar yang meluas, masalahnya tetap ada untuk seluruh jaringan. Ini berarti bahwa ada kekurangan fitur interoperabilitas di antara mereka. Dengan kata lain, tidak ada platform pengembang kontrak pintar di jaringan yang dapat berkomunikasi atau berbagi informasi satu sama lain.

Sekarang sistem interoperabilitas Polkadot ini sebenarnya memecahkan masalah jaringan blockchain.

Dengan analogi, Anda dapat membandingkan keadaan blockchain saat ini dengan komputer untuk Internet. Padahal, komputer lebih canggih karena bisa melakukan apa saja. Namun, biaya penggunaan komputer ini terbatas karena tidak terhubung ke Internet. Polkadot ingin menjadi jaringan “internet” yang menghubungkan masing-masing komputer tersebut.

Skalabilitas Diuji

Salah satu perbedaan lain dari Polkadot adalah skalabilitas jaringan yang sangat baik. Hal ini dikarenakan jaringan Polkadot menghubungkan beberapa jaringan blockchain secara bersamaan, dimana setiap jaringan memiliki maksud dan tujuan tertentu.

Misalnya, jaringan Polkadot memiliki parachain yang mengelola keuangan terdesentralisasi secara khusus dan jaringan yang mengelola game. Seluruh jaringan dihubungkan oleh rantai transmisi, sehingga siapa saja dapat bertukar data dan informasi.

Ini sangat berbeda dari Ethereum, di mana jaringan utama menangani banyak kepentingan secara bersamaan. Dengan analogi, bayangkan jaringan Polkadot sebagai perusahaan yang dikelola secara profesional. Logikanya, sebuah perusahaan harus terdiri dari karyawan yang berbeda dengan keterampilan mereka sendiri, daripada mempekerjakan karyawan yang dapat melakukan banyak hal berguna tetapi hanya bekerja.

Check Also

6 Cara Untuk Trading di Indodax Terjamin Bisa Profit 2022

Bagi Anda yang pernah menjelajahi dunia cryptocurrency, nama Indodax pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda bukan? Ya, PT Indodax adalah perusahaan jual beli aset digital. Seperti yang kita ketahui tentang Indodax serta kelebihan dan kekurangannya, tidak ada yang salah dengan Indodax sebagai salah satu platform trading cryptocurrency paling beragam di Indonesia. Tidak semua orang [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.